Tugas Seorang Sekretaris
Tugas seorang
sekretaris adalah membantu pimpinan dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan
teknis, tetapi cukup penting artinya bagi pimpinan. Seorang pimpinan akan
sangat memerlukan bantuan sekretaris dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan
kantor seperti :
1. Menerima tamu
2. Menerima telepon
3. Mengambil dikte dan
melatinkan
4. Menyimpan surat
Untuk itu seorang pemimpin mengharapkan bahwa bantuan yang
diberikan oleh seorang sekretaris akan berbeda tergantung dari bidang usaha
yang diberikan oleh pimpinan misalnya direktur dari perusahaan percetakan akan
berbeda dengan lembaga bantuan hukum. Seorang sekretaris harus selalu berusaha untuk mencari cara-cara yang baik
untuk menumbuhkan hubungan dan kerja sama yang baik antara sekretaris dengan
pimpinannya dalam batas-batas kedinasan.
Pada dasarnya
tugas-tugas sekretaris meliputi :
1. Tugas-tugas
Rutin
Yaitu tugas-tugas
umum yang dikerjakan oleh sekretaris setiap harinya tanpa menunggu instruksi
dari pimpinan atau tanpa menunggu waktu sudah harus dilaksanakan sesuai dengan
yang telah diterapkan. Tugas ini meliputi:
a. Membuka
surat.masuk untuk pimpinan
b. Menerima
dikte.
d. Menerima
dan melayani telepon serta menelpon.
e. Menata
arsip/surat.
f. Menyusun
dan membuat surat untuk kepentingan pimpinan (korespondensi)
g. Mengurus
dan mengendalikan surat
h. Menyiapkan
pembuatan laporan
i. Menyusun
dan membuat jadwal kegiatan pimpinan.
j. Mengelola
kas kecil
k. Menjaga
kebersihan dan kerapihan kantor untuk menciptakan kenyamanan kerja
2. Tugas-tugas
khusus
Tugas-tugas ini
tidak selalu setiap hari dilaksanakan oleh sekretaris tetapi hanya dilaksanakan
bila diperintahkan langsung/ instruksi khusus oleh pimpinan kepada sekretaris
dengan penyelesaiannya secara khusus. Jadi yang dimaksud tugas disini adalah
pekerjaan yang hanya kadang-kadang dihadapi akan tetapi harus dilaksanakan
sebaik-baiknya dan adanya unsur kepercayaan bahwa tugas sekretaris mampu
menyimpan rahasia perusahaan.juga pimpinan beranggapan bahwa untuk
tugas tertentu sekretaris dianggap sudah menguasai sehingga pimpinan memberikan
kepercayaan kepada sekeretaris untuk menyelesaikan tugas tersebut Tugas
ini meliputi:
a. Menyiapkan
rapat dan membuat notulen
b. Mengonsep
surat perjanjian kerjasama dengan relasi atau instansi luar.
c. Menyusun
surat rahasia (confidential).
d. Menyiapkan
perjalanan dinas pimpinan ( pemesanan tiket, booking hotel, menyusun agenda
perjalanan pimpinan sampai mencatat pengeluaran biaya perjalanan dinas )
f. Menyusun
makalah, pidato untuk pimpinan
g. Mengurus
masalah dengan bank
h. Mendatangi
perusahaan lain atau instansi pemerintahuntuk mencari informasi atau
menyampaikan informasi
i. Pembelian
kado atau cindera matauntuk klien pada even-even tertentu.
3. Tugas-tugas
istimewa
Yaitu tugas yang
menyangkut keperluan pimpinan, antara lain:
a. Membetulkan
letak atau posisi alat tulis pimpinan serta perlengkapan yang diperlukan.
b. Bertindak
sebagai penghubung untuk meneruskan informasi kepada relasi.
c. Mewakili
seseorang menerima sumbangan untuk dana atau keperluan kegiatan lainnya.
d. Mengingatkan
pimpinan membayar iuran atau asuransi dari suatu badan atau instansi.
e. Memeriksa
hasil pengumpulan dana atau uang muka dari instansi yang diberikan sebagai dana
kesejahteraan.
f. Menghadiri
rapat-rapat dinas, sebagai pendamping pimpinan selama mengadakan pertemuan
bisnis.
g. Mengadakan
pemeriksaan peralatan kantor, mana yang perlu diperbaiki dan mana yang tidak
perlu diperbaiki atau penambahan alat-alat dan sarana kantor.
4. Tugas
Sosial
b. Mengatur
penyelenggaraan resepsi untuk kantor pimpinan beserta pengurusan undangannya.
c. Menyampaikan
ucapan selamat atau menyatakan bela sungkawa kepada relasi atas nama pimpinan
5. Tugas
Keuangan
Biasanya
sekretaris mengurusi keuangan yang dinamakan petty
cash (uang cadangan/kas kecil). Tugas keuangan ini antara lain:
a. Menangani
urusan keuangan pimpinan di Bank, misalnya: penyampaian penyimpanan uang di
Bank, penarikan cek, pengambilan uang dari Bank.
b. Membayar
rekening-rekening, pajak, sumbangan dana atas nama pimpinan.
c. Menyimpan
catatan pengeluaran sehari-hari untuk pimpinan dan penyediaan dana untuk
keperluan sehari-hari.
6. Tugas
Resepsionis
Tugas
sekretaris sebagai resepsionis, yaitu:
a. Menerima
dan menjawab telepon serta mencatat pesan-pesan lewat telepon.
b. Menerima
tamu yang akan bertemu dengan pimpinan.
c. Mencatat
janji-janji untuk pimpinan.
d. Menyusun
acara kerja sehari-hari pimpinan.
7. Tugas
insidental
Tugas ini
merupakan pekerjaan yang tidak rutin dilakukan oleh sekretaris meliputi:
b. Membuat
ikhtisar dari berita-berita dan karangan yang termuat dalam surat kabar,
majalah, brosur, dan media-media lain yang ada kaitannya dengan kepentingan
perusahaan.
c. Mengoreksi
bahan-bahan cetakan, misal: brosur, undangan, formulir, dan daftar yang
dikonsep oleh perusahaan.
d. Mewakili
pimpinan dalam berbagai resepsi atau pertemuan.
8. Tugas
sekretaris dalam Business Meeting (pertemuan bisnis)
Pertemuan bisnis (Business
Meeting) ini terjadi ketika dua orang atau lebih saling menerima dan
memberi sesuatu berupa informasi, menyimak kembali kemajuan, memecahkan masalah
dan menciptakan yang baru. Tugas inilah yang cukup berat dan melelahkan bagi
sekretaris untuk mengorganisir pertemuan-pertemuan tersebut.
9. Tugas kreatif
Tugas atas
prakarsa sendiri sendiri yakni tanpa diminta oleh pimpinan, tugas ini hasil
pertimbangan sekretaris tentang perlu tidaknya sesuatu dikerjakan sehingga dapt
membantu, meringankan beban pekerjaan pimpinan tugas kreatif meliputi
a. Membuat perencanaan kerja
b. Mempelajari pengetahuan tentang bank
c. Mempelajari pengetahuan tentang kas kecil
d. Pemantapan
kepribadian
e. Efisinsi kerja
f. Pengembangan diri sekretaris dengan
mengikuti seminar, pelatihan ataupun kursus yang menunjang pekerjaan
g. Mengirmkan bunga atau surat ucapan selamat
kepada rekan pimpinan yang memperoleh
promosi jabatan
h. Menyiapkan perabot kantor perlengkapan dan
alat-alat penting bagi sekretaris
i. Membuat kliping iklan atau artikel yang
dibutuhkan perusahaan
j. Mengumpulkan brosur, pricelist dari
berbagai macam pameran yang berguna bagi perusahaan
k. Memahami cara kerja mesin kantor dan audio
visual ( alat bantu peraga)
l. Memahami dan mempelajari organisasi, peraturan/
keadaan organisasi, product knowledge,
budaya perusahaan tempat
bekerja
Komentar
Posting Komentar